Dinas PUPR Kerinci Sigap Lakukan Pengalihan Arus Sungai Untuk Tangani Banjir di Desa Siulak Mukai

KAB. KERINCI, KilasNusantara.id — Dalam upaya menangani banjir yang melanda Desa Siulak Mukai di Kecamatan Siulak Mukai, Kabupaten Kerinci, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci bersama dengan Pemerintah Kecamatan, serta didukung oleh TNI dan Polri, melakukan langkah sigap dengan melakukan pengalihan arus sungai menggunakan alat berat, pada hari Selasa, 9 Juli 2024.

Operasi pengalihan arus dengan melibatkan beberapa alat berat yang disiapkan oleh Dinas PUPR Kerinci ini dipimpin Sekretaris Dinas PUPR Kerinci Asril, yang didampingi Camat Siulak Mukai, serta bantuan personel dari TNI dan Polri untuk memastikan keamanan dan kelancaran prosesnya.

“Kami bergerak cepat untuk memastikan keselamatan warga dan meminimalkan kerugian material. Kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Pemerintah Kecamatan, TNI, dan Polri sangat krusial dalam situasi darurat seperti ini,” ujar Sekretaris Dinas PUPR Kerinci Asril.

Tindakan ini diambil sebagai respons cepat terhadap curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir, yang mengakibatkan naiknya permukaan air sungai dan meluap ke pemukiman warga. Dengan pengalihan arus sungai, diharapkan aliran air dapat dialihkan ke tempat yang lebih aman, sehingga mengurangi dampak banjir terhadap rumah-rumah warga dan fasilitas umum di sekitar daerah tersebut.

Setelah pengalihan arus sungai selesai, tim gabungan akan melakukan pemantauan terhadap kondisi sungai. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil efektif dan tidak ada lagi ancaman banjir bagi warga.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari petugas lapangan demi keselamatan bersama. Upaya penanganan dan pemulihan pasca-banjir akan terus dilakukan oleh tim gabungan hingga kondisi benar-benar aman dan normal kembali

(Dominaldi)