1.800 Hektare Lahan Terdampak Banjir di Agara Terima Bantuan Bibit Jagung Kementan RI.

KUTACANE, Kilasnusantara.id — Seluas 1.800 hektare lahan petani jagung di Aceh Tenggara (Agara), menerima bantuan bibit jagung dari Kementerian Pertanian RI. Penyalurannya, diselenggarakan secara simbolis di Aula Kantor Camat Bambel, Aceh Tenggara, Minggu (31/3).

Dalam acara, Kepala Dinas Pertanian Agara, Riskan SP, menyampaikan bantuan bibit jagung yang disalurkan tersebut, tidak terlepas dari perannya Anggota Komisi IV DPR RI, HM. Salim Fakhri, yang bekerja sama dengan Kementan RI.

Bantuan bibit jagung jenis NK 007 yang disalurkan secara simbolis tersebut, barang bantuannya seratus persen telah disalurkan ke semua petani jagung yang terdampak banjir pada tahun 2023 lalu.

Dari 17, 700 Kg bibit jagung jenis NK 007 yang disalurkan, dibagikan ke 66 Kelompok Petani dari 10 Kecamatan di Aceh Tenggara.”Ini hanya simbolis. Bantuannya telah seratus persen disalurkan ke semua penerima bantuan,” jelasnya.

Riskan mengatakan, pihaknya beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, sangat berterimakasih kepada Kementan RI, yang telah menyalurkan bantuan bibit jagung kepada warga petani jagung yang terdampak banjir pada tahun lalu.

Bantuan ini, tidak terlepas dari peran Anggota Komisi IV DPR RI, HM. Salim Fakhri, sebagai jembatan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, dalam mengajukan bantuan tersebut. “Kami juga banyak mengucapkan terima kepada pak Salim Fakhri,” tuturnya.

Untuk diketahui, selain lahan perkebunan jagung yang terdampak pada peristiwa banjir di November 2023 lalu, lahan persawahan juga banyak mengalami kerusakan dan mengalami gagal panen. Peristiwa banjir itu juga, menelan dua korban jiwa.

Acara tersebut, turut dihadiri Pj Sekdakab, Yusrizal ST, Kabag Ops Polres Agara, Kompol Binsar, Kapolsek Bambel, Iptu Irwansyah, Kalaksa BPBD Agara, Nazmi Desky, Perwakilan Dandim 0108 Agara, Perwakilan Kajari Agara dan undangan lainnya. (Habibi)